Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu?

Bolehkan Ibu Hamil Minum Madu? Mari kita cari tahu.
Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu Sehatpoin
Ibu Hamil Minum Madu | BabyCenter

Bolehkan Ibu Hamil Minum Madu?

Pada tulisan sebelumnya, kami telah membahas tentang pertanyaan seputar Ibu Hamil. Salah satunya adalah Bolehkah ibu hamil makan mie Instan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca tulisan yang membahas hal tersebut pada link berikut ini.

Kali ini, Sehatpoin masih akan membahas tentang hal yang masih berhubungan dengan seorang ibu hamil. Benar, kali ini kami akan membahas pertanyaan dari sebagian besar ibu hamil di Indonesia.

Madu memang merupakan salah satu minuman yang mengandung berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan. Madu mengandung glukosa, fruktosa, air, dan beberapa nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak heran bahwa Madu menjadi salah satu pilihan untuk sebagian besar orang sebagai minuman yang harus diminum. Terlebih lagi ketika mengetahui bahwa madu mengandung protein, vitamin B2, B3, B6, B9, vitamin C, magnesium, zinc, zat besi, fosfor, kalium, serta kalsium.

Karena ini, banyak muncul pertanyaan tentang madu dan seorang ibu hamil. Bolehkan Ibu Hamil Minum Madu? Mari kita cari tahu di bawah ini.

Ibu Hamil dan Madu


Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Pot Of Honey
Madu | Honesdoct

Madu memiliki berbagai kandungan di dalamnya. Hal ini secara tidak langsung membuat Madu tentu bermanfaat cukup banyak untuk seorang ibu hamil. Selain baik untuk janin, madu juga akan memberikan dampak sehat lainnya yang sangat dibutuhkan oleh seseorang. Untuk manfaat madu sendiri, kamu bisa cek di bawah ini.


Manfaat Madu untuk ibu hamil:

  • Mempkuat daya tahan tubuh ibu hamil
  • Membantu mengatasi sakit tenggorokan, batuk, flu dan pilek.
  • Membantu mencegah alergi
  • Membantu mengatasi sakit maag
  • Mengatasi susah tidur saat hamil
  • Menjaga kesehatan kulit kepala

Resiko Madu untuk Ibu Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu 1 1
Madu | Portal Jamber

Selain manfaat, tentu ada berbagai resiko juga meminum madu saat sedang mengandung sebuah janin untuk seorang ibu hamil. Resiko ini sendiri bisa terjadi karena berbagai kondisi yang akan dihadapi oleh ibu hamil saat ini atau pun di masa mendatang.

Perlu bunda ketahui bahwa mengkonsumsi madu untuk bayi di bawah satu tahun sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan bakteri Clostridium botulinum di dalamnya bisa menyebabkan penyakit botulisme.

Namun bunda tidak perlu khawatir, mengkonsumsi madu saat dalam masa hamil tidak akan membuat kandungan mengalami botulisme. Bakteri penyebab botulisme tidak dapat berkembang di dalam saluran pencernaan ibu hamil yang sehat.

Selain itu, bakteri botulisme juga tidak dapat masuk dan melewati plasenta ibu hamil. Sebaliknya, jika seorang ibu hamil meminum madu, ia akan merasakan banyak manfaat dari hal tersebut, seperti yang telah kami bahas di atas.


Tidak semua ibu hamil boleh mengkonsumsi madu

Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu
Madu | Klikdokter

Meskipun sebagian besar ibu hamil boleh mengkonsumsi madu, namun ada beberapa wanita yang tengah mengandung tidak boleh meminum madu tersebut. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk kondisi tubuh sang ibu.

  • Ibu hamil dengan kadar gula darah tinggi
  • Ibu hamil penderita masalah pencernaan seperti penyakit radang usus
  • Ibu hamil yang sedang mengkonsumsi antibiotik

Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu 1 2
Madu | Klikdokter

Kembali ke topik utama kita pada tulisan kali ini, bolehkah Ibu Hamil Minum Madu? Tentu boleh. Madu sangat lah bermanfaat bagi sebagian besar wanita yang sedang mengandung janin. Namun ada beberapa wanita yang memang tidak diperbolehkan mengkonsumsi madu ketika sedang hamil.

Semua penjelasan terkait manfaat sampai resiko madu untuk ibu hamil telah kami bahas diatas. Kunjungi Sehatpoin.com untuk seputar pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan.

Sumber: Kompas

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Total
0
Share