Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Bolehkan Ibu Hamil makan Mie Instan? Mari cari tahu jawabannya di sini!
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan Sehatpoin
Mie Instan | Indofood

Apakah anda seorang Ibu Hamil? Jika iya, pasti pernah berpikir tentang berbagai hal terkait kandungan yang sedang kalian miliki. Ada begitu banyak pertanyaan tentang seputar kandungan yang meliputi pertanyaan, resiko dan masih banyak lagi.

Sebagian besar dari Ibu hamil, pasti pernah bertanya tentang bolehkan seorang Ibu Hamil makan mie instan. Kita semua tahu bahwa mie instan memang menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian besar orang.

Terlebih lagi mie instan memang terhitung memiliki harga terjangkau dan enak untuk dinikmati. Terlepas dari itu semua, apakah seorang Ibu hamil boleh memakan makanan tersebut? Pada tulisan kali ini, SehatPoin bakal membahas masalah ini secara lengkap.

Apakah Ibu hamil boleh makan mie instan atau tidak? Mari kita bahas di bawah ini.

Ibu Hamil dan Mie Instan


Kandungan dalam Mie Instan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan
Mie Instan | Haibunda

Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu kandungan dalam mie instan tersebut. Apakah memiliki kandungan yang baik atau malah buruk untuk seorang Ibu yang sedang mengandung sang buah hati.

Melansir dari situs resmi World Instant Noodles Association (WINA), karbohidrat adalah kandungan yang paling tinggi di dalam mie instan. Setidaknya dalam 100 gram mie instan, mengandung 60 gram karbohidrat.

Alasan kenapa mie instan memiliki kandungan karbohidrat sangat tinggi karena mie instan tersebut terbuat dari tepung terigu. Selain karbohidrat, mie instan juga mengandung kalori cukup tinggi dan MSG alias micin yang membuat rasanya akan semakin enak untuk dimakan.

Karena kandungan yang ada dalam mie instan ini, dapat memicu masalah kesehatan bila makan mie saat hamil, seperti obesistas dan tekanan tinggi. Meskipun kandungan dan kadarnya telah dinyatakan aman, namun jika mengkonsumsi terlalu banyak tetap tidak baik.


Bolehkah Ibu Hamil mengkonsumsi Mie Instan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan
Ibu Hamil Mie Instan | Merries

Kembali ke topik utama, bolehkan seorang Ibu hamil mengkonsumsi Mie Instan dengan segala kandungannya? Mari cari tahu jawabannya. Namun, sebelum itu, ada banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu untuk seorang Ibu hamil.

Kita semua tahu bahwa, semua yang akan dikonsumsi oleh seorang Ibu hamil akan berpengaruh secara langsung dan tidak langsung ke pertumbuhan janin. Karena mie instan memiliki kandungan garam dan sodium cukup tinggi, ini akan meningkatkan resiko terjadinya hipertensi.

Terlebih lagi, saat sedang mengandung, peningkatan tekanan darah dapat berbahaya bagi Ibu maupun janin. Tidak ada penjelasan yang pasti terkait seberapa banyak ibu hamil boleh mengkonsumsi mie instan.

Makan mie instan saat hamil memang bisa dikatakan boleh, namun tidak boleh terlalu sering karena akan memicu berbagai resiko untuk Ibu dan kandungannya. Ada berbagai cara yang dapat Ibu hamil lakukan agar membuat mie instan tersebut lebih sehat saat dikonsumsi.


Mie Instan yang sehat untuk ibu Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan 1 1
Mie Instan | Haibunda

Kita semua sudah mengetahui bahwa Ibu hamil boleh mengkonsumsi Mie Instan. Namun apakah kamu tahu bahwa? Ada berbagai cara untuk membuat mie instan tersebut lebih sehat untuk dikonsumsi oleh seorang Ibu hamil. Berikut ini beberapa tips agar membuat mie instan lebih sehat saat dikonsumsi oleh ibu hamil.


  • Kurangi penggunaan bumbu. Anda bisa membuat bumbu sendiri atau kurangi jumlah bumbu yang telah disediakan dalam bungkus mie tersebut.
  • Jangan lupa untuk menambahkan kandungan lainnya seperti Protein, yang meliputi telur, daging atau pun lainnya.
  • Terakhir, tambahkan sayuran yang akan membantu membuat mie tersebut semakin sehat untuk dimakan seperti tomat, sawi, wortel, brokoli atau pun bayam.

Perlu bunda ingat bahwa mie instan adalah sebuah makanan olahan. Makanan jenis ini boleh kita konsumsi, namun tidak dianjurkan dalam jumlah yang banyak. Karena sebagian besar makanan olahan akan mengandung banyak kandungan yang mungkin saja berisiko untuk tubuh, terutama seorang ibu hamil.

Masih ada cukup banyak topik menarik terkait seorang Ibu Hamil. Pada tulisan berikutnya, kami akan terus membahas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja bunda tanyakan dan belum mendapat jawabannya.

Kunjungi Sehatpoin.com untuk seputar pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Total
0
Share