Apa Itu Bakteri Mycoplasma pneumoniae? Ini Penjelasannya!

Saat ini Bakteri Mycoplasma pneumonia menjadi perhatian banyak publik. Khususnya di China, Lalu apa itu Bakteri Mycoplasma pneumonia?
Apa Itu Bakteri Mycoplasma Pneumoniae
Apa Itu Bakteri Mycoplasma Pneumoniae

Mungkin dunia saat ini sedang dihebohkan dengan Bakteri Mycoplasma pneumoniae yang melanda di negeri China. Lalu apa sebenarnya bakteri tersebut. Dari pada penasaran, yuk simak berikut pembahasannya.

Sekarang di China, ada banyak orang yang sakit dengan Pneumonia yang aneh. Banyak rumah sakit penuh dengan pasien yang sakit. Salah satu penyebab penyakit ini mungkin karena bakteri yang disebut Mycoplasma pneumoniae.

Saat ini, ada penyakit Pneumonia yang misterius dan menarik perhatian orang banyak karena mirip dengan COVID-19. Menurut laporan para ahli, kasus Mycoplasma Pneumoniae di China meningkat 40 persen dan juga ada kasus influenza, SARS COV-2, dan lainnya.

Pihak yang mengurus kesehatan di Tiongkok mengatakan ada lebih banyak orang yang sakit pada hari Senin (13/11/2023). Lebih banyak anak-anak di China yang sakit dan mereka memiliki gejala seperti demam, batuk, dan merasa lelah.

Kepala Bagian Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular di Kementerian Kesehatan, Pak Imran, mengatakan bahwa ada penyakit Pneumonia yang menyerang anak-anak di China. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang namanya Mycoplasma. Pak Imran juga menjelaskan bahwa bakteri ini sering menyebabkan infeksi pernafasan sebelum ada virus COVID-19.

“Di China, ada banyak kasus Pneumonia yang disebabkan oleh mycoplasma. Mycoplasma adalah jenis bakteri, bukan virus, dan sering menyebabkan infeksi pernapasan sebelum ada COVID-19,” begitu katanya seperti yang dilaporkan oleh Antara.

Imran mengatakan bahwa ada sebuah bakteri kecil yang disebut mycoplasma yang bisa menyebabkan orang sakit flu dan penyakit paru-paru. Menurut informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), banyak orang di China yang terkena penyakit mycoplasma pneumonia sejak bulan Mei 2023.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa ada tanda-tanda pneumonia yang belum didiagnosis, terutama pada anak-anak yang diberitakan dalam jurnal Promed pada tanggal 22 November 2023. Dari 4 pasien, 3 di antaranya terinfeksi oleh mycoplasma, dan ada juga pengaruh lain seperti SARS-COV dan influenza,” kata mereka.

Apa Itu Bakteri Mycoplasma pneumoniae?

Bakteri Mycoplasma Pneumoniae
Bakteri Mycoplasma Pneumoniae

CDC mengatakan bahwa Mycoplasma pneumoniae adalah sebuah jenis bakteri yang biasanya menyebabkan penyakit ringan pada sistem pernapasan. Bakteri ini kadang-kadang juga bisa menyebabkan penyakit paru-paru yang lebih serius, sehingga perlu diobati di rumah sakit.

Bakteri ini membuat orang sakit dengan merusak bagian dalam pernapasan seperti tenggorokan, paru-paru, atau batang tenggorokan. Kadang-kadang orang memiliki bakteri ini di hidung atau tenggorokan mereka tanpa merasakan sakit.

Biasanya, Mycoplasma Pneumoniae bisa menyebabkan sakit yang tidak terlalu parah, tetapi juga bisa membuat orang sakit sangat parah. Jadi, orang yang terkena perlu pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan agar tidak semakin parah.

Ada beberapa jenis infeksi Mycoplasma pneumoniae yang bisa membuat sakit parah seperti pneumonia, serangan asma atau gejala asma yang baru, pembengkakan otak, anemia, dan masalah pada ginjal.

Baca Juga:

Bagaimana cara Penyebaran Mycoplasma Pneumoniae?

Cara Penyebaran Mycoplasma Pneumoniae
Cara Penyebaran Mycoplasma Pneumoniae

Kuman mycoplasma bisa menyebar kalau kita dekat-dekatan sama orang yang lagi sakit batuk atau bersin. Jadi, kita mesti hati-hati dan jangan dekat-dekat sama orang yang sakit biar kita nggak ikut kena.

Biasanya, penyakit mycoplasma pneumoniae sering terjadi di tempat-tempat yang banyak orang seperti sekolah, asrama, rumah sakit, dan tempat lain yang ramai. Penyakit ini menyebar perlahan dan orang yang terkena biasanya bisa menularkannya selama kurang dari 20 hari.

Orang yang lebih mungkin terkena infeksi mycoplasma pneumoniae biasanya orang yang telah sembuh dari penyakit pernapasan. Selain itu, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah juga berisiko tinggi terkena infeksi tersebut.

Kamu bisa menjaga dirimu agar tidak terkena penyakit infeksi mycoplasma pneumoniae dengan melakukan beberapa hal. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah infeksi mycoplasma pneumoniae:

  • Menggunakan tisu untuk menutup hidung dan mulut saat bersin dan batuk
  • Apabila tidak memiliki tisu, batuk dan bersinlah ke lengan atas atau siku dan hindari bagian tangan
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik
  • Apabila tidak ada sabun maka gunakan pembersih tangan yang mengandung bahan dasar alkohol.

Gejala Bakteri Mycoplasma Pneumoniae Menyerang

Biasanya orang yang terkena infeksi mycoplasma pneumoniae akan menunjukkan gejala yang tidak terlalu parah. Tapi tergantung pada jenis infeksinya, yang paling umum adalah dada yang terasa dingin (tracheobronchitis). Beberapa gejalanya antara lain:

  • Batuk parah selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan
  • Cepat mudah lelah
  • Sakit tenggorokan
  • Demam

Anak-anak yang masih di bawah usia lima tahun bisa terkena infeksi Mycoplasma Pneumoniae yang berbeda. Mereka mungkin akan merasakan gejala seperti flu seperti ini:

  • Mata berair
  • Muntah
  • Mengi
  • Diare
  • Bersin
  • Hidung tersumbat atau berair
  • Sakit tenggorokan

Jadi sekarang kamu sudah tahu apa itu Bakteri Mycoplasma pneumoniae. Ikuti terus sehatpoin.dafunda.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan lainny.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Total
0
Share