Penyakit Flu Babi, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Berikut ini segala tentang Flu Babi, mulai dari gejala, penyebab dan cara mengobati.
Penyakit Flu Babi, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati
Babi | Eduinfo

Pada tulisan sebelumnya, kami telah membahas tentang salah satu jenis penyakit infeksi bernama Flu Singapura. Kali ini, kami akan membahas tentang penyakit sejenis yang disebabkan oleh infeksi virus juga.

Benar, kali ini SehatPoin bakal membahas total tentang Flu Babi. Mungkin sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi dengan nama Flu Babi. Jenis penyakit infeksi satu ini memang banyak ditemukan dimana-mana.

Penyebaran penyakit ini dapat terjadi di peternakan atau dokter hewan. Namun, dalam beberapa kasus, virus flu H1N1 dapat menyebar dari satu orang yang terinfeksi ke orang lain.

Apakah anda penasaran dengan Penyakit Flu Babi ini? Berikut pengertian, gejala, penyebab dan cara mengobati Flu Babi yang akan kami beritahukan di bawah ini.


Segala Tentang Flu Babi

Apa itu Flu Babi?

Penyakit Flu Babi Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati
Flu Babi | Media Indonesia

Flu Babi atau lebih dikenal sebagai influenza virus H1N1 adalah penyakit infeksi pernapasan pada manusia yang biasanya ditularkan oleh babi seperti namanya. Virus ini pertama kali muncul pada tahun 2009, dan para ahli mengidentifikasinya sebagai kombinasi virus dari babi, burung, dan manusia.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Flu Babi ini sering kali ditemukan pada dokter hewan atau pun peternakan. Seperti virus pada umumnya, Flu Babi ini juga dapat dengan mudah menyebar lewat berbagai media.

Flu Babi dapat menyebar lewat bersin atau pun dapat bertahan hidup di meja, gagang pintu, maupun permukaan lainnya.


Penyebab Flu Babi

Penyakit Flu Babi Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati 1 1
Flu Babi | Media Indonesia

Virus H1N1 adalah virus gabungan dari gen virus flu yang umumnya menyebabkan influenza, baik pada babi, burung, maupun manusia. Virus influenze subtipe H1N1 inilah yang menjadi penyebab flu babi. Virus jenis satu ini diketahui sangat mudah menular lewat berbagai media atau permukaan.

Virus ini biasanya menyebar lewat manusia ke manusia bukan hewan ke manusia. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa manusia juga bisa tertular karena memiliki kontak dengan seekor babi. Terkadang anda juga akan bisa tertular jika berkontak dengan benda yang memiliki virus Flu Babi.

Flu Babi dapat tertular ketika anda berbicara dengan penderita lewat bersin, udara, air liur dan lainnya.


Gejala Flu Babi

Penyakit Flu Babi Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati 1 2
Flu Babi | Infopublik

Gejala Flu Babi sendiri hampir mirip seperti gejala flu biasa pada umumnya. Penderita akan mengalami bersin, demam, batuk atau pun pilek. Untuk lebih detailnya terkait Gejala Flu Babi, dapat anda lihat di bawah ini:

  • Batuk
  • Demam
  • Bersin
  • Pilek
  • Mata Merah dan Berair
  • Kelelahan
  • Sakit Kepala
  • Diare
  • Mual atau Muntah
  • Radang Tenggorokan

Cara mengobati Flu Babi

Penyakit Flu Babi Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati
Flu Babi | Pikiran Rakyat

Pada umumnya, virus Flu Babi akan menghilang dengan sendirinya setelah 7-10 hari tanpa perawatan khusus. Pengobatan sendiri bertujuan untuk meringankan atau menghilangkan gejala-gejala yang muncul.

Selain itu, ada beberapa jenis obat yang dapat anda gunakan untuk menanggani virus ini. Keempat obat tersebut adalah Zanamivir, Baloxavir, Peramivir dan Oseltamivir. Obat ini dapat anda konsumsi setelah 48 jam pertama sejak gejala awal muncul. Tujuannya adalah untuk mengurangi keparahan dan risiko terjadinya komplikasi.


Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini Flu Babi telah menjadi penyakit yang langka dan sulit untuk ditemukan. Persentase kematian yang disebabkan oleh penyakit ini pun cukup rendah, yaitu sekitar 1-4%. Tidak hanya itu saja, Flu Babi juga lebih banyak menyerang anak-anak berusia 5 tahun ke bawah dan orang-orang berusia 65 tahun ke atas.

Kunjungi Sehatpoin.com untuk seputar pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan.

source: Alodokter

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related Posts
Total
0
Share